BlackBerry saat ini memimpin pasar smartphone di Indonesia

  BlackBerry (ist)
Singapura - Research in Motion (RIM) mengandalkan pertumbuhan pasar di Indonesia dan negara Asia lainnya di tengah sengitnya persaingan smartphone. Produsen BlackBerry asal Kanada ini yakin kepemimpinan mereka di area ini akan terus menguat.

"Ketika saya berpikir tentang pasar Asia, saya tersenyum lebar," demikian kata Gregory Wade, RIM's Regional Managing Director yang dikutip detikINET dari AFP, Minggu (26/6/2011).

Wade mengklaim BlackBerry saat ini memimpin pasar smartphone di Indonesia, Filipina dan Thailand. Biro riset IDC mengestimasi RIM mengapalkan 1,5 juta BlackBerry di Asia pada kuartal pertama 2011. Sejak 2004, sudah 8,5 juta unit terjual di wilayah ini.

Asia menyumbang 11 % dari total pengapalan global BlackBerry di kuartal pertama 2011. Ini adalah peningkatan dari angka 8% periode tahun sebelumnya. Menurut Wade, peluang pasar di wilayah ini masih sangat tinggi karena masih banyak orang akan beralih dari ponsel biasa ke smartphone.

Indonesia, Filipina dan Thailand punya kombinasi populasi sekitar 400 juta. Pasar Indonesia pun disoroti secara khusus. Di Tanah Air, fitur BlackBerry Messenger amat digilai sehingga dengan sendirinya, BlackBerry pun laris manis.

"Jika Anda melihat negara-negara yang disebutkan Wade, di sana memang terjadi kisah sukses meski di ranah global mereka mulai menurun. Di Indonesia, setiap orang ingin memiliki BlackBerry," ucap analis IDC, Byan Ma.

Saat ini secara global, RIM menempati peringkat empat segmen OS smartphone pada kuartal pertama 2011 dengan market share 12,9%. Mereka berada di belakang Android, Symbian dan Apple iOS.

Untuk memperkuat posisinya, RIM juga mulai menjual tablet BlackBerry PlayBook di wilayah Asia. Tablet ini dinilai sebagai pelengkap bagi ponsel BlackBerry.


( fyk / fyk )

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting